live chat fb



11.7.13

Indera sensori integrasi manusia


 Tahukah Sampean bahwa manusia mempunyai lebih dari lima indera? Selain mata, hidung, lidah, telinga, serta kulit sebagai indera yang merespon rangsangan dari luar tubuh, misalnya: sinar, bau-bauan, rasa masakan, suara dan sensasi kasar-halus dan lain sebagainya) sebenarnya sejak lahir setiap manusia dilengkapi dengan indera dekat yang bertugas menerima rangsangan yang datangnya dari dalam tubuh sendiri. Dalam bukunya The Out of sync Child, Carol Stock Kranowitz, M.A. dari Bethesda-Maryland, menjelaskan indera dekat kita adalah:

1. Indera Vestibular
 Indera ini terletak dalam telinga bagian dalam. lewat reseptor ini kita akan diberitahu bagaimana posisi kita di atas permukaan bumi ini, apakah kita sedang bergerak atau diam. SeSampeaninya bergerak ke arah mana gerakan itu, berapa kecepatannya dan sebagainya.

2. Indera Proprioceptive
 Berasal dari bahasa Latin proprio yang berarti milik sendiri. Karena reseptor yang terdapat dalam otot ini, maka persendian dan jaringan ini akan menginformasikan ke otak perihal badan dan gerakan yang dikerjakan, termasuk juga kekuatan.

3. Indera Tactile
 Sistem reseptor yang terdapat pada kulit di sekujur tubuh ini berperan paling besar dalam menentukan kondisi fisik dan mental setiap individu. Setiap orang sejak bayi dan seterusnya selalu membutuhkan rangsangan tactile untuk tetap bisa beradaptasi dan berfungsi secara normal dalam lingkungan alam semesta. Lewat indera ini otak akan diberitahu tentang rasa makanan enak, nyeri, panas-dingin, kasar-halus, tekanan, getaran maupun gerakan.

 Setiap detik otak manusia menerima informasi dari berbagai reseptor tubuh. Jumlahnya mencapai ribuan, bahkan jutaan. Untuk bisa merespon rangsangan ini secara berarti dibutuhkan otak yang hSampeanl. Artinya, mampu menerima rangsangan, mengolah, memilih rangsangan yang boleh diacuhkan dan boleh diabaikan. Proses ini diakhiri dengan tindakan respon disertai evaluasi apakah respon ini sudah dilakukan dengan sempurna. Coba Sampean bayangkan, proses ini berlangsung sangat cepat dan seolah otomatis dalam sistem indera kita.

 Rangkaian proses menerima, mengolah dan selanjutnya memberikan respon inilah yang disebut dengan sensori integrasi.

All. Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Visitantes

My Blog List

Baca Juga Yang Ini Ya.......

search

Pengikut

My Blog List

Headlinews

Translate

BERITA TERKINI

JADWAL SHALAT

JADWAL SHALAT:

div>

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting