mas bro sekalian tentunya sudah pernah melihat becak mangkal
di pasar2 atau pinggir2 jalan bukan?kendaraan roda tiga ini adalah kendaraan
khas indonesia
serta identik dengan kawulo alit yang hidupnya serba sederhana. becak sudah
menjadi simbol ketidakadilan selama berpuluh2 tahun. akan tetapi pada beberapa
tahun belakangan ini becak mengalami sedikit modifikasi demi alasan
produktifitas.
becak yang selama ini memakai “tenaga nasi pecel”, sekarang
lebih banyak yang beralih ke tenaga mesin. becak jenis ini kemudian disebut
becak motor atau bentor. seperti tampak pada gambar di atas, hanya bagian pedal
saja yang mengalami perubahan sedangkan untuk jok penumpang tidak tersentuh
sama sekali. hal inilah yang membuat md penasaran untuk menggali informasi
seputar safety dari bentor itu sendiri.
pada beberapa kota ,
keberadaan bentor telah dilarang tapi entah kenapa di mojokerto bentor masih
melenggang dengan santainya. dari sisi desain saja bentor sudah jauh dari kata
safety. banyak sekali bentor yang tidak dilengkapi dengan lampu rem dan sein
belakang (apalagi bagian depan). selain itu aplikasi pemasangan rem yang hanya
di bagian belakang, rawan sekali memicu terjadinya lock-braking pada ban
belakang. yang lebih parah lagi adalah tidak adanya alat pengaman pada jok
untuk penumpang. bisa dibayangkan jika adanya benturan maka akan berakibat
fatal pada penumpangnya.
ketika md bertanya pd salah satu abang bentor, dia dengan
santainya bilang, “yo yaopo maneh mas, iki gawe ngeke’i mangan anak bojoku nang
omah. lek masalah iku wes ndugo ae mas ga onok opo2 lan selamet terus” (ya mau
gimana lagi mas, ini jg untuk menafkahi anak istri di rumah. kalo masalah
safety, cukup berdoa saja mas semoga tidak terjadi apa2 dan terus
selamat),,wtf???!?
ketika md bertanya pada salah satu teman di dinas
perhubungan, dia berkata jika selama ini tidak ada laporan mengenai bentor jadi
tidak bisa untuk ditindak. alangkah baiknya jika petugas dari dishub,
kepolisian dan perwakilan dari abang bentor duduk semeja untuk membicarakan
solusi terbaik untuk kita semua.
apa harus menunggu jatuh korban jiwa terlebih dahulu supaya
bentor tersebut bisa ditertibkan? bagaimana jika korban itu adalah salah satu kerabat
dari mas bro..
bukankah mencegah lebih baik daripada bertindak setelah
jatuh korban…
kali ini saya akan membahas tentang salah satu alat
transportasi tradisional yang mulai punah keberadaanya khususnya dikota besar surabaya . alat
transportasi yang akan saya bahas adalah becak.becak adalah adalah suatu moda
transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di indonesia
dan juga di sebagian asia . kapasitas normal
becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. menjadi pengemudi becak
merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga
jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi
sangat tinggi. becak dilarang di jakarta
sekitar akhir dasawarsa 1980-an. alasan resminya antara lain kala itu ialah
bahwa becak adalah eksploitasi manusia atas manusia, dan becak digantikan
dengan bajaj, helicak.
kelebihan becak dibanding dengan alat transportasi lain
ialah dengan naik becak kita dapat menikmati perjalanan , selain itu dengan
naik becak tidak perlu berdesak-desakan seperti naik ankutan umum,apalagi becak
adalah alat transportasi yang ramah lingkungan , tingkat keamanan ketika naik
becakjuga relatif aman.
tetapi kini becak tidak se eksis dulu, karena banyak orang cenderung
lebih memilih kendaraan bermesin contohnya saja sepeda motor , mereka mempunyai
banyak alasan untuk lebih memilih motor daropada becak alasan pertama dengan
naik sepeda motor akan lebih praktis lalu lebih cepat untuk sampai tujuan
bahkanlebih murah bagaimana tidak hanya dengan rp.5000 saja kita dapat kemana
saja dengan menggunakan motor dengan jarak tempuh yang lumayan jauh.apalagi
sekarang sepeda motor lebih mudah didapatkan oleh siapapun termasuk oleh rakyat
kecil . dengan bermodalkan uang 500 ribu saja orang bisa mendapatkan sepeda
motor.
dengan adanya sepeda motor kini becak jarang diminati oleh
kebanyakan orang,apalagi dikota surabaya kota yang besar semakin
jarang terlihat becak dijalan yang terlihat hanyalah kendaraan bermesin saja .
hemmmm setelah melihat itu marilah kita sebagai generasi muda kita yang
berusaha mengembalikan minat penumpang becak agar tetap mau naik becak. tidak
hanyaaa itu untuk memulai itu semua mulailah darikita sendiri. yaaa masa kita
diam saja melihat becak akan hilang di kota
kita,, kann sayang sekalii… coba deh fikirkan kota kita kehilangan alat transportasi yang
lucu seperti becak .. nahhh marilah kawan kita sama sama berusaha mengembalikan
eksistensi becak seperti dulu..
becak
becak merupaka
angkutan tradisional asli indonesia
bertenaga manusia. angkutan ini dapat berjalan apabila dikayuh oleh
pengemudinya. seperti sepeda tapi becak mempunyai tiga buah roda, dua roda
depan dan satu roda belakang.